Pemkab Pastikan Kesiapan Puskesmas Baru Pulau Merbau Untuk Segera Difungsikan

MERANTI, Beritapojok.com – Gedung baru Puskesmas Pulau Merbau segera beroperasi dan difungsikan, hal itu pun mendapat perhatian langsung Sekdakab Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto dengan melakukan pengecekan langsung kelapangan baru-baru ini.

Gedung Puskesmas itu terletak di Desa Renak Dungun atau sekitar 5 KM jaraknya dari Puskesmas Desa Semukut. Gedung baru yang megah itu dibangun persis di sebelah Kantor Camat Pulau Merbau yang diresmikan Bupati Irwan Nasir beberapa waktu lalu.

“Bangunan baru ini kita siapkan untuk puskesmas rawat inap. Puskesmas lama tetap dipakai jadi puskesmas pembantu,” jelas Sekda Bambang Suprianto SE MM disela kunjungannya.

Dia berharap proses pemindahan tidak mengganggu pelayanan terhadap masyarakat yang datang berobat. Untuk itu pemindahan akan dilakukan secara bertahap. Selain itu juga diinventarisir perlengkapan dan peralatan yang perlu segera disiapkan seperti tempat tidur pasien dan peralatan medis lainnya.

“Kita berharap Puskesmas ini dapat membantu pelayanan kesehatan masyarakat lebih maksimal di garda depan,” papar Bambang.

Selain meninjau seluruh ruangan di bangunan baru tersebut, Sekda juga meninjau Puskesmas di Desa Semukut. Dia juga mengecek pembangunan jembatan yang sedang dilakukan di Desa Batang Meranti.

“Jembatan ini penting dilebarkan dan dibeton agar kokoh karena puskesmas kan punya ambulan,” pungkas Bambang singkat.

Saat itu terlihat beberapa staf Dinas PUPR memantau langsung proses pengerjaan jembatan. Diperkirakan dalam waktu dekat jembatan tersebut segera selesai.

Dalam kunjungan tersebut Sekda didampingi Asisten Administrasi Umum, H. Rosdaner, Kadis Kesehatan Meranti, dr. H. Misri Hasanto, Kadis Sosial Meranti, Agusyanto, Kabag Humaspro Meranti, Rudi Hasan, SAg MH dan Camat Pulau Merbau, Atan Ibrahim serta sejumlah staf Kecamatan juga ikut mendampingi.

Pemerintah Konsisten Membangun Daerah Mulai Dari Perdesaan

Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan Nasir, M.Si terkait pembangunan Puskesmas dan lainnya di wilayah Kecamatan Pulau Merbau menyampaikan, tentunya Ia menginginkan Kecamatan tersebut dapat berkembang dengan pesat baik pembangunan maupun ekonomi masyarakatnya. Sejauh ini gedung-gedung pelayanan satu persatu sudah mulai dibangun yakni Puskesmas yang dukup megah, Kantor Kecamatan dan kedepan akan dibangun lagi gedung KUA, Gedung Polsek Pulau Merbau.

“Itu semua dalam rangka mewujudkan Pulau Mebau menjadi sebuah Kecamatan yang Paripurna,” ucapnya.

Baca juga:   Untuk November 2020, Banmus DPRD Dumai Gelar Rapat Penetapan Jadwal Kegiatan

“Direncanakan secepatnya akan dibangun jalan menuju kantor Camat Pulau Merbau, dimana untuk tahap awal sudah kita siapkan anggaran sebesar 10.8 Miliar,” jelas Bupati Irwan.

Bupati juga menyambut baik usulan dari Pemcam untuk penuntasan jalan Desa Ketapang Permai menuju Kantor Kecamatan. Untuk itu terlebih dahulu Bupati meminta kepada Camat agar membuka jalan utama dengan Body jalan yang luas seperti jalan Pramuka Selatpanjang agar kedean Pulau Merbau mampu tumbuh sesuai dengan harapan masyarakat.

“Nantinya pola pembangunan jalan akan kita robah, tidak lagi dengan pola semenisasi tapi base batu dan pasir yang dilanjutkan dengan pengaspalan,” beber Bupati H. Irwan.

Diakui orang nomor wahid di kota Sagu tersebut, Pemerintah Kabupaten sangat konsisten membangun negeri yang dimulai dari Desa. Tujuannya agar pembangunan di Desa lebih berkembang.

“Sampai saat ini kita belum berencana untuk membangun kantor Bapati bahkan tanahpun belum diganti rugi, alasanya kita ingin memprioritaskan pembangunan ditingkat Desa dan Kecamatan baik jalan, jembatan dan fasilitas publik lainnya,” papar Bupati.

Selain itu Bupati dua periode di Kepulauan Meranti juga mengajak kepada masyarakat untuk berinovasi memanfaatkan potensi daerah yang cukup besar. Terutama lahan yang luas dan subur dengan menanam tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Karena menurut Bupati tidak zamanya lagi masyarakat mencari pekerjaan diperusahaan yang dapat diberhentikan sewaktu-waktu. Dengan bercocok tanam Bupati meyakini masyarakat akan lebih mandiri.

“Mari manfaatkan lahan yang luas untuk bercocok tanam sebab kami ingin menjadikan masyarakat lebih mandiri,” ucapnya lagi.

Untuk mendukung pengembangan potensi pertanian ini, Bupati juga mengintruksikan Dinas Perkebunan untuk dapat memprogramkan bantuan bibit tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti jengkol, durian, alpokat, pinang untuk ditanam dan dikembangkan lahan lahan masyarakat.

“Saat ini Sawit Karet sudah masa lalu kini tanam buah buahan dan tidak zamanya lagi masyarakat mencari pekerjaan tapi bisa membuka peluang kerja sendiri,” jelasnya.

Terakhir Bupati juga menyinggung masalah Stunting yang juga harus menjadi prioritas pemerintah Desa dan Kecamatan untuk dituntaskan. Caranya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di 2 Puskesmas representatif yang ada di Pulau Merbau.(Adv)

Narasi : ANDI SAPUTRA
Foto : Humas Sekda Meranti