Beranda Berita Sekdaprov Riau Hadiri Rapat Perencanaan Pembangunan Gedung Mako Lanal Dumai

Sekdaprov Riau Hadiri Rapat Perencanaan Pembangunan Gedung Mako Lanal Dumai

PEKANBARU, Beritapojok.com – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto menghadiri rapat expose laporan akhir perencanaan pembangunan gedung Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai, di Hotel Pangeran Jalan Sudirman Pekanbaru, Jumat (03/9/2021).

SF Hariyanto menyampaikan bahwa pada rapat ini dilakukan kesepakatan dari semua pihak, terutama dari pihak TNI Angkatan Laut Dumai serta Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Dumai mengenai desain struktur pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan TNI AL, juga terkait penganggaran pembangunan gedung tersebut.

Sehingga jika sudah ditentukan struktur desain pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan pihak Lanal Dumai. Diharapkan dari pihak Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau dapat segera melakukan pelelangan dini seperti pada bulan November 2021 mendatang.

“Diharapkan setelah dilakukan lelang ┬ádini ini sehingga di awal Januari 2022 mendatang dapat dilakukan penandatanganan kontrak (untuk pembangunan gedung Mako Lanal Dumai),” katanya.

Selanjutnya, SF Hariyanto ini juga menuturkan agar Pemprov Riau melalui Dinas PUPR Provinsi Riau melakukan pembentukan tim untuk penilaian kewajaran harga (untuk pembangunan gedung) di mana harga satuan barang memang sesuai dengan harga nasional.

“Diharapkan juga kepada Dinas PUPR Provinsi Riau untuk dalam pembuatan ATS sudah dilakukan pembentukan tim untuk penilaian kewajaran harganya, sehingga harga satu dari pembangunan tersebut tidak terjadi permasalahan nantinya,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan mengatakan pada rapat pada hari ini berada di fase perencanaan akhir untuk pembangunan gedung Mako Dumai.

Untuk diketahui, ia menambahkan bahwa peresmian gedung Mako Lanal pada Tahun 1975 sehingga gedung Mako Lanal Dumai tersebut sudah berumur 46 dan salah satu dilakukan perencanaan pembangunan gedung baru ini karena terjadinya banjir pasang di kawasan Mako Lanal Dumai pada setiap akhir tahun sehingga diharapkan untuk pembangunan dapat dilakukan.

“Harapan kami juga proses perencanaan pembangunan ini sesuai dengan rencana,” sebutnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, Kepala Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau Taufik OH, perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Dumai.(MCR)