Beranda Berita Pj Wali Kota Dumai Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla

Pj Wali Kota Dumai Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla

DUMAI, Beritapojok.com – Bertempat di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Jalan Putri Tujuh, Senin (15/02/2021), Pj Wali Kota Dumai, H Jonli memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kota Dumai Tahun 2021. 

Rapat koordinasi ini bertujuan mengedepankan kerja sama yang sinergis antara berbagai stakeholders di Kota Dumai dalam mengantisipasi karhutla.

Pj Wali Kota Dumai dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Karhutla menjadi masalah tahunan di Kota Dumai, ” Maka dari itu harus kita sikapi dan ambil langkah agar hal yang sama tidak terjadi,” ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan beberapa kendala dalam penanganan Karhutla, seperti tidak adanya embung sehingga akses sumber air dengan titik api jauh dan akhirnya menyulitkan tim untuk memadamkan api.

“Ditambah lagi sebagian lahan Dumai merupakan lahan gambut yang rawan terbakar, sarana dan prasarana kita juga masih kurang, ini yang akan menjadi fokus dan semoga ada peningkatan dari segi fasilitas,” tuturnya.

Beliau juga menghimbau kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Dumai agar peduli dan turut membantu Pemerintah untuk mencegah Karhutla di Kota Dumai.

“Saya harap perusahaan-perusahaan ini turut bersinergi dalam menangani karhutla. Sebaiknya bantuan jangan berupa uang, tapi berupa bantuan barang seperti pompa air, atau pembuatan embung. Jika sudah berhubungan dengan uang akan menjadi hal yang sensitif,” ucapnya.

Turut hadir dalam rakor Forkopimda Kota Dumai, Sekretaris Daerah Kota Dumai, Kepala OPD terkait, Camat Se-Kota Dumai, dan beberapa Perusahaan di Kota Dumai.(Diskominfo)