Beranda Berita Zulkifli AS Pimpin Rapat Evaluasi dan Optimalisasi Penanganan Covid-19

Zulkifli AS Pimpin Rapat Evaluasi dan Optimalisasi Penanganan Covid-19

DUMAI, Beritapojok.com – Walikota Dumai H. Zulkifli AS yang juga sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 memimpin rapat dalam rangka evaluasi dan optimalisasi penanganan Covid-19 di Gedung Media Centre, Jalan Putri Tujuh. Selasa (28/07/2020).

Rapat dimulai dengan mendiskusikan tindaklanjut dari Perpres 82/2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional, untuk memastikan agar penanganan dan keseimbangan antara keduanya dapat berjalan dengan baik.

“Dengan adanya Perpres tersebut, terjadi peralihan nama dari Gugus Tugas menjadi Satuan Tugas. Tapi kerja, tanggungjawab dan sebagainya masih sama. Untuk itu, hari ini merupakan rapat terakhir kita sebagai Gugus Tugas,” ucapnya.

Walikota juga mengatakan kepada Camat dan Lurah agar jangan bosan untuk terus mengingatkan kepada masyarakat tentang Pemberlakuan Protokol Kesehatan pada Akad Nikah, Resepsi Pernikahan dan Acara Hajatan lainnya sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Kota Dumai Nomor 08 Tahun 2020.

“Kawal terus dan sampaikan kepada panitia pelaksana acara pernikahan bahwa kita semua bertanggungjawab dalam mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan tersebut agar terbentuk kebiasaan baru di masyarakat guna mengantisipasi penyebaran virus corona,” tambahnya.

Selain itu, didalam rapat juga membahas persoalan Pendidikan. H. Zulkifli AS menyampaikan keprihatinannya soal kondisi dunia pendidikan di Kota Dumai khususnya persoalan belajar mengajar siswa disekolah. Namun, semua kondisi itu harus dihadapi bersama dengan tetap bersatu dan selalu berdoa agar Pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

Keputusan Pemerintah Kota Dumai terhadap proses belajar mengajar juga dipandu dari peraturan tingkat Provinsi dan juga tingkat Pusat. Pemerintah Kota Dumai tidak bisa membuat keputusan secara sepihak apalagi membuka sekolah sesuai keinginan sendiri. Kita diatur dan diikat oleh kesepakatan bernegara. Ada hierarki yang harus kita patuhi dan kita pedomani.

Sejauh ini aturan dari Gugus Tugas Pusat dan Gugus Tugas Provinsi Riau, masyarakat/siswa yang diizinkan untuk belajar bertatap muka dalam kelas hanyalah mereka yang berada pada Zona Hijau, sedangkan Kota Dumai berstatus Zona Kuning. Daerah dengan Zona Kuning, Merah dan Hitam belum diperkenankan menggelar pertemuan langsung di kelas.

Mari kita berdoa agar seluruh Pasien Positif Covid-19 di Kota Dumai dapat sembuh semua, sehingga kasus Covid-19 di Kota Dumai Nihil dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan rasa disiplin yang tinggi.

“Mudah-mudahan Kota Dumai segera kembali Zero Covid-19 dan dalam waktu yang lama sehingga nantinya bisa merubah status Zona Pandemi di Kota kita,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan rapat Sekretaris Daerah Kota Dumai, Inspektur Daerah Kota Dumai, Asisten I, Seluruh Kepala OPD dan Camat beserta Lurah se-Kota Dumai.(Diskomihfo)