Cloud Hosting Indonesia

Wujud Nyata TNI Manunggal Bersama Rakyat

  • Bagikan
Wujud Nyata TNI Manunggal bersama masyarakat
Babinsa Gurun Panjang, Serda Sugianto saat bersama warga dalam salah satu acara kemasyarakatan. (foto: istimewa)

DUMAI- Persatuan dan kesatuan bangsa adalah kunci utama dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan itu merupakan salah satu tugas pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI). Demi mewujudkan kedaulatan NKRI, kemanunggalan TNI dan rakyat harus terus dipupuk dalam berbagai kegiatan.

TNI memiliki Babinsa di garis terdepan dalam menjaga dan merawat kemanunggalan TNI-Rakyat. Komunikasi sosial, karya bakti dan pembinaan rakyat adalah metode yang digunakan dalam memupuk kemanunggalan tersebut. Baik yang berskala besar maupun kecil dilakukan bersama rakyat dan tujuannya untuk membantu rakyat.

Salah satu contoh sikap Babinsa adalah hadir dalam acara yang digelar oleh warga binaannya. Seperti yang dilakukan oleh Serda Sugianto Babinsa Kelurahan Gurun Panjang Koramil 02 Kodim 0320/Dumai turut serta dalam acara rewang disaat warganya mengadakan kegiatan pesta pernikahan. Tanpa sungkan Sang Babinsa ikut memotong daging sapi yang baru saja disembelih.

Baca juga:   Cegah Penularan Covid-19, Babinsa Bukit Nenas Ajak Warga untuk Vaksin

“Senang melihat suasana akrab yang terjadi disana, tapi tetap harus dipupuk demi kondusifitas lingkungan dan tujuan yang lebih besar (kedaulatan NKRI),” jelas Serda Sugianto mengenai situasi kondusif yang ada di wilayah binaannya tersebut.

Seorang tokoh masyarakat setempat yang juga hadir dalam kegiatan rewang tersebut yaitu Drs. Edi Sepen menambahkan, “Apapun yang terjadi di negeri ini yang penting masyarakat disini harus tetap rukun”.

Banyak budaya dan tradisi peninggalan leluhur kita yang harus dilestarikan agar tugas seorang Babinsa lebih mudah dalam menjaga kemanunggalan TNI-Rakyat. (rilis)

  • Bagikan