Walikota Dumai Tinjau Pembangunan IPLT di Mekar Sari

DUMAI, Beritapojok.com – Walikota Dumai H. Zulkifli AS bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Riau Ichwanul Ihsan melakukan peninjauan pembangunan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Dumai selatan. Senin (10/08/2020).

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja ini dirancang menjadi tempat pengolahan lumpur limbah yang berasal dari sistem setempat (on site) yang diangkut melalui sarana pengangkut lumpur tinja.

Keberadaan suatu IPLT dinilai sangat penting mengingat lumpur tinja tidak boleh langsung dibuang ke badan air, dikarenakan mengandung pencemar organik yang tinggi.

Dalam kesempatan ini Walikota Dumai menjelaskan bahwa pengerjaan pembangunan IPLT menggunakan dana APBN sebesar Rp 6,3 Miliyar.

“Alhamdulillah persentase pengerjaan proyek ini sudah 84%. Mudah-mudahan di akhir Agustus atau awal bulan September nanti pengerjaan proyek ini sudah bisa selesai,” ujar Walikota.

Lebih lanjut Beliau menambahkan, IPLT adalah salah satu solusi dalam pengeloan tinja di Kota Dumai dengan baik dan benar, serta tidak boleh dibuang ke sungai dan laut yang dapat mencemarkan lingkungan. Dengan adanya IPLT ini nantinya akan mengelola sekitar 10 kubik tinja perhari, sehingga tinja dari perusahaan, perhotelan serta industri dan lainnya dapat dikelola dengan baik. Apalagi hasil olahan pun bisa dijadikan pupuk untuk perkebunan maupun pertanian.

Baca juga:   Pemko Dumai Akan Fasilitasi Belajar Daring Siswa

”Jika IPLT sudah berkembang dan semakin banyak tinja yang dikelola, bisa saja dibangun lagi untuk diperluas karena lahan masih ada,” imbuhnya.

“Semoga IPLT yang juga bisa menghasilkan pupuk ini bisa segera beroperasi dan bisa saja ini nantinya kita masukan menjadi sumber PAD melalui retribusi daerah, tentu kita akan buat Perdanya terlebih dahulu,” ucapnya.

Turut hadiri peninjauan yaitu Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau Yenni Mulyadi, PPK Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Riza Taftazani, Kepala Dinas Perkim Kota Dumai Zulkifli, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Satrio Wibowo, Kabid Perkim Wahyu Wicaksono, Kabid Limbah DLH Fachrudimas, Kabid IKP Diskominfo M. Sadam, Camat Dumai Selatan Yudha Pratama dan Lurah Mekar Sari.(Diskominfo)