Viral Jembatan Tambakbayo Ambruk, Kapolres Sukoharjo Buka Suara

Viral Jembatan Tambakboyo di Kecamagan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Tambakboyo Rp10,8 miliar ambruk (Sumber: Facebook)
Viral Jembatan Tambakboyo di Kecamagan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Tambakboyo Rp10,8 miliar ambruk (Sumber: Facebook)

Beritapojok.com- Jembatan Tambakbayo bernilai Rp10.8 miliar ambruk. Kapolres Sukoharjo buka suara terkait hal tersebut.

Menurut Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, ambruknya jembatan penghubung Desa Tambakboyo dengan Desa Blerelong di Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah tersebut dikarenakan tali pemancang yang lepas.

Kapolres juga mengatakan jembatan Tambakbayo senilai Rp10,8 miliar itu ambruk sekitar pukul 09.30 WIB pada Jumat (31/12/2021).

“Sekitar pukul 08.00 WIB, sebanyak lima orang pekerja melakukan pengecekan baut dan tali seling penahan jembatan karena tali seling penahan jembatan dirasa tidak seimbang atau kendor sebelah,” ujar Wahyu dikutip dari Kompas, Sabtu (1/1/2022).

Karena talinya lepas, para pekerja langsung melakukan perbaikan pada baut pengunci tali seling.

Namun pada pukul 09.30 WIB, tali seling penahan tersebut lepas dari pengunci dan mengakibatkan jembatan roboh ke sungai.

Akibat kejadian Jembatan Tambakbayo ambruk, dua pekerja mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo.

“Keduanya dalam kondisi sadar,” kata kapolres.

Wahyu juga menyatakan bahwa jembatan tersebut masih dalam tahap pembangunan dan belum diresmikan oleh Pemda Sukoharjo.

Baca juga:   Cari Dirut Baru Garuda Indonesia, Erick Thohir: Akan Ada Kejutan

Jembatan yang roboh direncanakan akan diperbaiki selama 50 hari ke depan oleh pelaksana pembangunan.

Tak hanya itu, Polres Sukoharjo diketahui akan menurunkan personel guna melakukan penyelidikan terkait unsur pidana dalam pembangunan jembatan tersebut.

“Tim kita turunkan untuk melakukan penyelidikan,” pungkasnya.

Viral Jembatan Tambakboyo Ambruk

Perlu diketahui, ambruknya jembatan Tambakboyo di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, belum lama ini viral di media sosial.

‘Infone luurr bener gak, proyek jembatan Tambakboyo yg menelan angka 10 Miliar apa putus pas ujicoba. Desa tambakboyo kec tawangsari. Nilai anggaran 14 M, Nilai kontrak 10.5 M, L = 1.8 M, P = 200 M,” tulis pemilik akun.

Dalam unggahan juga dibagikan foto jembatan yang bermodel gantung itu tampak putus hingga roboh ke sungai.

Jembatan Tambakboyo yang terletak di Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo itu memiliki nilai kontrak Rp 10.886.822.000.

Sumber dananya berasal dari APBD Kabupaten Sukoharjo dengan nilai pagu paket Rp 14.963.841.400.

Tender pembangunan jembatan Tambakboyo dimenangkan oleh CV. Tunjung Jaya yang beralamat di Jalan Bekonang-Karanganyar, Jaten, Karanganyar. (kompas/red)