Beranda Berita Upaya Pembinaan Umat, MUI Kota Dumai Gelar Mudzakarah Ulama

Upaya Pembinaan Umat, MUI Kota Dumai Gelar Mudzakarah Ulama

DUMAI, Beritapojok.com – Walikota Dumai H. Paisal SKM MARS, membuka secara resmi Acara Mudzakarah Ulama yang digelar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai, bertempat di Masjid Al A’la, Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Minggu (12/9/2021).

Walikota Dumai, H. Paisal menilai positif dan menyambut baik pelaksanaan mudzakarah ulama ini.

Baginya, adanya mudzakarah ini menunjukkan usaha mencari solusi terbaik secara bersama-sama demi kemaslahatan orang banyak.

“Kami yakin selain bagian pelaksanaan program kerja pengurus, mudzakarah ini juga bentuk silaturahim serta bentuk kepedulian terhadap berbagai permasalahan yang muncul ditengah-tengah umat Islam,” ujarnya.

Lanjutnya, MUI memiliki peran yang sangat penting dan strategis di era globalisasi dan teknologi khususnya dalam membina generasi muda Islam.

“Semoga MUI Kota Dumai dapat terus bersinergi dan memiliki komitmen yang kuat bersama Pemerintah Kota Dumai dalam membina dan menuntun masyarakat agar Kota Dumai menjadi Kota Idaman, Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” harapnya.

Sementara itu, menurut MUI Kota Dumai Drs. H. Zakaria, M.Pd.I, Mudzakarah Ulama iniĀ  dalam rangka upaya pembinaan umat.

“Mudzakarah Ulama kali ini membahas upaya dalam pembinaan umat. Kita datangkan pemateri untuk memberikan ilmu yang bermanfaat, sekaligus mendiskusikan lebih dalam persoalan kompleks yang terjadi di tengah masyarakat Dumai,” ucapnya.

Adapun pemateri yang didatangkan oleh MUI Kota Dumai pada kesempatan ini yaitu, KH. Rahmat Afifi yang akan membawakan materi peningkatan kemampuan/kualitas khotib.

Pemateri kedua yaitu Jimmi Pasla, S. Ag, M. Hum dengan materi yang dibawakan mewaspadai aliran sesat / sempalan.

H. Zakaria mengatakan sudah menjadi tugas pokok MUI untuk membuat program-program pembinaan umat dan meneruskan ajaran yang disampaikan Nabi Muhammad SAW.

“MUI juga hadir di tengah masyarakat khususnya di Dumai untuk menjadi pelayan umat Islam dalam memenuhi kebutuhan rohani, serta membina generasi muda agar kokoh ilmu agamanya. Walau masih dalam masa pandemi, insyaallah program ini dan yang lainnya akan terus berlanjut dan dilaksanakan demi kepentingan umat,” pungkasnya.

Turut hadir Camat Sungai Sembilan atau yang mewakili, Kepala KUA Kecamatan Sungai Sembilan dan Dumai Barat, Lurah Lubuk Gaung, Pengurus MUI Kota Dumai, Pengurus Masjid se Kecamatan Sungai Sembilan dan Dumai Barat, Para Muballigh se Kecamatan Sungai Sembilan dan Dumai Barat, dan Pengurus MUI Kecamatan Sungai Sembilan dan Dumai Barat.(***)

Sumber : Diskominfo