Cloud Hosting Indonesia

Sekda Dumai Buka Puncak Peringatan Harkannas ke-8 Tahun

  • Bagikan

Beritapojok.com- Memperingati Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke 8 Tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Perikanan Kota Dumai menggelar kegiatan yang mengusung tema “Ikan untuk generasi tangguh dan unggul”, Kamis (25/11/2021).

Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si membuka secara resmi Puncak Peringatan HARKANNAS sekaligus Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang dilaksanakan di Taman Bukit Gelanggang.

H. Indra Gunawan dalam sambutannya mengatakan bahwa ketahanan pangan nasional serta pemenuhan gizi masyarakat protein telah menjadi perhatian serius pemerintah.

Berbagai upaya pun terus dilakukan, salah satunya dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan mengandung protein berkualitas tinggi.

“Oleh karena itu, guna mendorong tingkat konsumsi di Indonesia, pemerintah telah menetapkan HARKANNAS yang diperingati setiap tanggal 21 November sejak ditetapkannya Keppres Nomor 3 Tahun 2014 pada tanggal 24 Januati 2014,” ucapnya.

Lanjutnya, peringatan ini tentunya sesuai dengan program prioritas nasional penurunan stunting hingga 14% pada tahun 2024 dan mendukung cita-cita Indonesia Emas 2045.

“Mari jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat, serta menjadikan ikan sebagai salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi masyarakat,” tuturnya.

Beliau berharap, dengan mengkonsumsi protein yang cukup, masyarakat Indonesia akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik karena generasi yang sehat, kuat, cerdas, tangguh, dan unggul adalah modal utama dalam membangun bangsa Indonesia kedepan.

Gelar Beberapa Kegiatan

Sebelum itu, Plt. Kepala Dinas Perikana Kota Dumai, Mukhlis Suzantri, S. Hut. T, MT dalam laporannya mengatakan peringatan HARKANNAS di Kota Dumai disemarakkan dengan beberapa kegiatan antara lain Senam GEMARIKAN oleh anak PAUD, bimbingan HIMPAUDI Kota Dumai, demo pengolahan ikan oleh Ibu Pangesti Rochi Dewi Lubis, S.Pi, pameran produk hasil perikanan, dan penampilan dari Forum Anak Kota Dumai (FORMAD).

Baca juga:   Pj Wali Kota Dumai Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla

“Adapun hasil yang kami harapkan melalui peringatan HARKANNAS ini pertama masyarakat semakin sadar betapa pentingnya kandungan gizi ikan untuk pertumbuhan dan kecerdasan, serta cara memilih, menangani, menyimpan, dan mengolah ikan segar, kemudian meningkatkan daya tarik masyarakat dengan berbagai macam produk olahan, serta meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Dumai,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini Paisal, SKM mengajak kepada ibu-ibu pengurus TP PKK gencar mengkampanyekan kepada anggota atau jajarannya untuk terus mengupayakan agar ikan harus tetap ada di meja makan.

“Meja makan ibu adalah pengarah gizi, pengarah psikologi dan edukasi untuk keluarga. Sehingga kemajuan bangsa ini kita mulai dari meja makan ibu. Mari nikmati momen hari ikan nasional pada tahun ini dengan makan ikan bersama keluarga, teman dan sahabat,” katanya.

Peringatan HARKANNAS ditandai dengan penyerahan ikan segar dan olahan ikan secara simbolis kepada beberapa orang tua dan balita stunting, dilanjutkan dengan kunjungan ke stand bazar produk hasil perikanan yang diawali dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kota Dumai didampingi Plt. Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai.

Stand bazar diisi oleh Dinas Perikanan Kota Dumai, Pokja III PKK Kota Dumai, Dinas Perindustria, Koperasi, dan UKM Kota Dumai, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, dan Forum Anak Kota Dumai.

Turut hadir, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat se Kota Dumai, Lurah STDI dan Pangkalan Sesai, Kepala Puskesmas Dumai Barat, para pengurus PKK, serta hadirin undangan. (Diskominfo Dumai)

  • Bagikan