Pesantren Ramadhan Menyapa Desa Pematang Duku Timur dan Penebal

BENGKALIS – Memasuki jadwal yang ketiga yang sudah ditetapkan pada Bulan Suci Ramadhan, kini Program Pesantren Ramadhan sekarang menyapa generasi-generasi yang berada di Desa Pematang Duku Timur dan Desa Penebal. Yang berkesempatan sebagai tuan rumah dalam hal ini yaitu Desa Pematang Duku Timur, Sabtu, 16 Maret 2024.

Dalam pembukaan Program Pesantren Ramadhan yang diselenggarakan, turut hadir seperti Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Bapak Fajrul, Koordinator Kecamatan Penggiat/Penyuluh Agama Islam (Da’i) Kecamatan Bengkalis Ustadz Affan Zahidi.

Kepala Desa Penebal Bapak Saimin, PJ Desa Pematang Duku Timur, Ketua BPD Desa Pematang Duku Timur, Ketua LPTQ dan Tokoh Agama Desa Pematang Duku Timur Ustadz Mujahidin serta para Penggiat/Penyuluh Agama Islam (Da’i) Desa dan Kelurahan Se-Kecamatan Bengkalis yang juga narasumber dalam kegiatan Pesantren Ramadhan.

Pada kesempatan kali ini dibawah asuhan Penggiat/Penyuluh Agama Islam Desa Pematang Duku Timur Ustadz Badrul Akbar dan Penebal Ustadz Zul Amin, peserta yang menghadiri kegiatan ini berjumlah 40 orang.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Desa Penebal Bapak Saimin mengatakan bahwa anak-anak yang mengikuti kegiatan pada kesempatan kali ini, kami selaku pemerintah desa mengharapkan jalani kegiatan ini dengan serius dan ambil pelajaran dari para ustadz/ustadzah yang akan memberikan ilmunya kepada kita semua. Kami juga pemerintah desa mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Penyuluh Agama Islam BERMASA, semoga selalu bermanfaat bagi masyarakat.

Kemudian, Koordinator Penggiat/Penyuluh Agama Islam (Da’i) Kecamatan Bengkalis Ustadz Affan Zahidi yang hadir sekaligus membuka acara Pesantren Ramadhan itu menyampaikan pesan kepada seluruh yang hadir pada kesempatan kali itu, adek-adek yang mengikuti kegiatan ini merupakan orang-orang yang terpilih diantara remeja-remaja yang ada di desa adek-adek berada. Ini merupakan sebuah hal yang sangat positif yang mana cuma segelintir para remeja yang diberi kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan positif ini.

Lanjutnya, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada jajaran Pemerintah Desa Pematang Duku Timur dan Desa Penebal yang telah sudi memberikan dukungan berupa moril maupun materil kepada kedua penyuluh agama Islam kami sehingga acara yang kami laksanakan bisa berjalan dengan lancar, dan juga kepada narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Bapak Fajrul saya ucapkan terima kasih juga karena telah sudi datang jauh-jauh hanya untuk bersama-sama bagaimana kita menyapa seluruh masyarakat yang ada di desa.

Kemudian Ustadz Affan Zahidi itu berpesan kepada seluruh peserta yang hadir mengikuti kegiatan tersebut untuk bisa menghargai para ulama yang telah berjasa membangun dan meletakkan asas kepada negeri ini sehingga kita bisa menikmatinya hingga sekarang. 

“Adek-adek yang mengikuti ini harapan saya kedepan mari sama-sama kita pelihara desa kita dengan melestarikan kembali budaya silaturrahmi kepada ulama. Minta tunjuk ajarnya kepada ulama sehingga kita mengambil ilmu dari para ulama tersebut dan mengamalkannya di kehidupan kita sehari-hari,” ujar Affan. 

“Jadilah generasi yang mencintai desa maupun kampung kita, karena banyak para pendahulu yang sudah berkorban untuk negeri ini sekarang waktunyalah kita untuk mengambil tanggung jawab tersebut dengan mempersiapkan diri dari sekarang sehingga kedepan kalau ada hal-hal yang ingin merusak atau mengganggu keharmonisan dalam bermasyarakat kitalah sebagai garda terdepan untuk menghalangi itu,” kata Ustadz Affan.

Acara Pesantren Ramadhan yang dimulai pada pagi hari ini akan ditutup pada sore harinya dengan sama-sama berbuka puasa dengan peserta dan tamu undangan. #DISKOMINFOTIK.

(diskominfotik/joekro)