Panglima TNI: Kontingen Garuda Mampu Laksanakan Mandat Dewan Keamanan PBB Dengan Baik

JAKARTA, Beritapojok.com – Indonesia patut berbangga karena Satgas Kontingen Garuda telah mampu melaksanakan mandat dewan keamanan PBB dengan baik di daerah misi sehingga situasi di perbatasan Lebanon Selatan relatif kondusif.

Demikian sambutan tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang dibacakan oleh Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P., dalam upacara penyambutan Satgas Kontingen Garuda (Konga) XXVI-L1 UNIFIL 2020 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Panglima TNI menyampaikan bahwa sejak dikeluarkannya resolusi pada tahun 2006, kehadiran UNIFIL dengan satgas-satgas multinasional termasuk Kontingen Garuda telah berkontribusi untuk mengawal gencatan senjata antara Lebanon dan Israel.

Panglima TNI juga menyampaikan bahwa Satgas TNI yang tergabung dalam Konga XXVI-L1 UNIFIL merupakan wujud implementasi komitmen Indonesia terhadap perdamaian dunia, khususnya di Lebanon.

Baca juga:   Panglima TNI: Keberangkatan Satgas MTF ke Lebanon, Bukti Kesiapan Operasional TNI Angkatan Laut yang Tinggi

Lebih lanjut disampaikan penugasan dalam misi pemelihara perdamaian dunia seperti yang baru saja diselesaikan, tidak berhenti sampai di sini, namun harus terus ditingkatkan baik kapasitas maupun kualitasnya.

Upacara ditutup dengan penyematan penghargaan Medali Satya Lencana Santi Darma kepada prajurit TNI yang tergabung dalam penugasan Konga XXVI-L1 UNIFIL.

Adapun Satgas Konga XXVI-L1 UNIFIL TA. 2020, terdiri dari Satgas Force Headquarters Support Unit (FHQSU), Satgas Force Protection Company (FPC), Satgas Military Community Outreach Unit (MCOU), Satgas CIMIC, Satgas Indomedic, Satgas Sector East Military Police Unit (SEMPU) dan Satgas Yon Mekanik.(Rls/Puspen TNI)