Beranda Berita Padamkan Karhutla, Danrem 031/WB Terjunkan 60 Personel Denrudal 004

Padamkan Karhutla, Danrem 031/WB Terjunkan 60 Personel Denrudal 004

Danrem 031/WB terjunkan 60 personel Denrudal 004 untuk padamkan karhutla
Danrem 031/WB terjunkan 60 personel Denrudal 004 untuk padamkan karhutla

DUMAI, Beritapojok.comDalam upaya mempercepat proses pemadaman dan pendinginan titik api yang muncul di Kota Dumai, Danrem 031/WB menerjunkan 60 personel Denrudal 004.

Sesuai dengan petunjuk Danrem 03/WB, Brigjen TNI M. Fadjar, 60 personel Denrudal 004 yang dikerahkan untuk Bantuan Kendali Operasi (BKO) nantinya akan bertugas mengantisipasi dan memadamkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kodim 0320 Dumai.

“Sesuai dengan perintah Danrem 031/ WB mulai hari ini 60 personel Denrudal akan langsung bertugas membantu upaya pemadaman dan pendinginan di Dumai,” ujar Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Irdhan, SE, MM, Ahad (1/3/2020).

Dandim juga mengatakan, pasukan BKO tersebut akan dibagi menjadi dua tim dan akan dikerahkan ke dua lokasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan dan wilayah Teluk Makmur, Kecamatan Medang kampai.

“Selama bertugas melakukan pemadaman dan pendinginan titik api, pasukan TNI dari Denrudal 004 ini akan dibekali 9 unit mesin ministreker, 1 mesin robin, 1 mesin mex3 dan 1 unit alat berat beko dalam menunjang kinerja mereka di lapangan agar titik api dengan cepat dipadamkan,” jelas Letkol Irdhan.

Baca juga:   PDIP Akan Usung Kader Sendiri Pada Pilkada Inhil Mendatang

Selain melakukan pemadaman dan pendinginan, personel Denrudal 004 ini juga dibekali pemahaman dan ilmu tentang Karhutla yang nanti diharapkan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar lokasi kebakaran.

Harapannya dengan adanya penambahan Pasukan BKO dari Denrudal 004 ini semoga hari ini api dapat segera tuntas dipadamkan dan semoga upaya yang dilakukan membuahkan hasil sesuai harapan kita semua.

“Kita mengimbau masyarakat cepat sadar untuk meninggalkan tradisi dan pola lama dalam kegiatan buka lahan dengan dibakar dan masyarakat segera merubah minset cara pola bertanam yang benar tanpa menimbulkan bencana Karhutla,” ujar Dandim.

Pasukan ini nantinya akan langsung bergabung dengan tim pemadam kebakarah hutan dan lahan yang telah terlebih dahulu bekerja memadamkan api seperti dari TNI/Polri, BPBD, Manggala Agni, Regdam, masyarakat peduli kebakaran hutan dan lahan dan personil perusahaan yang ada di Dumai yang diperbantukan untuk menangani permasalahan kebakaran hutan dan lahan.(MCR/red)

 

Sumber : Mediacenter.riau