Beranda Berita Menteri LHK Republik Indonesia Kunjungi Kota Dumai

Menteri LHK Republik Indonesia Kunjungi Kota Dumai

DUMAI, Beritapojok.com – Walikota Dumai dan Wakil Walikota Dumai, H. Paisal dan Amris atas nama masyarakat Kota Dumai menyambut hangat ketibaan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar didampingi Wakil Menteri LHK RI, Alue Dohong di beberapa tempat di Kota Dumai, Sabtu (10/4/21).

Masyarakat Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan turut merasa berbangga hati, karena menjadi salah satu tujuan kunjungan Menteri, Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta rombongan dari kementerian dan Pemerintah Prov. Riau yang sekaligus merupakan lokasi utama meresmikan Kebun Bibit Desa (KBD) dan menerima Bang Pesona (Bantuan Perhutanan Sosial Nusantara) dan batuan lainnya.

Ketibaan rombongan Menteri LHK di Kelurahan Mekar Sari disambut oleh tabuhan Kompang dari SMP N 15 Kota Dumai dan Acara Ceremoni diawali dengan Tari Persembahan dari SMP N 2 Dumai.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada masyarakat khususnya kepada Kelompok Tani Mekar Sejati penerima bantuan KBD dan Kelompok Tani Mawar Asoka penerima program Bang Pesona.

Kebun Bibit Desa dan Bang Pesona merupakan program unggulan yang dijalankan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka pelestarian lingkungan.

Beliau menuturkan bahwa program ini sebagai upaya rehabilitasi hutan di Indonesia dan program ini sejalan dengan apa yang menjadi arahan presiden, dimana pembangunan berjalan berdampingan dengan pemulihan lingkungan dan pembibitan merupakan bagian penting dari pelestarian lingkungan.

“KBD ini dalam pelaksanaannya harus melibatkan peranan serta berbagai pihak. Masyarakat turut andil langsung dalam program ini dan bekerjasama dengan berbagai stakeholder,” ungkapnya.

Jelasnya dari program Kebun Bibit Desa ini nantinya bibit yang dihasilkan dibagikan secara percuma ke masyarakat.

Adapun bantuan-bantuan yang diserahkan dalam kesempatan ini yang pertama penyerahan KBD dari BPDASHL Indragiri Rokan kepada Kelompok Tani Mekar Sejati Kelurahan Bukit Timah, Kelompok Tani Sari Kaya Kelurahan Tanjung Penyembal, Kelompok Tuah Jaya Kelurahan Mekar Sari, dan Kelompok Al-Amin Kelurahan Bagan Keladi.

Yang kedua penyerahan Bang Pesona merupakan bantuan dari Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian LHK RI diterima oleh Kelompok Tani Mawar Asoka dan Kelompok Bukit Mekar dari Kota Dumai, kemudian Rempak Alam Lestari dan Teluk Lanus Sungai Apit dari Kabupaten Siak.

Ketiga yaitu bantuan peralatan sampah berupa 1 unit truk dan 2 unit motor roda 3 dari Dirjen Pengelelolaan Sampah dan B3 Kementerian LHK untuk Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, Kecamatan Dumai Selatan, Kecamatan Dumai Barat.

Selain menyerahkan sejumlah bantuan, Menteri LHK RI Siti Nurbaya juga turut meresmikan KBD Kelompok Tani Mekar Sejati bersama Kelompok Tani Milenial.

Semoga dengan diresmikanya KBD ini bisa membantu masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan untuk tanaman yang ramah lingkungan dan bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Kota Dumai.

Turut hadir dalam kesempatan ini Gubernur Riau dalam hal ini diwakili oleh Pj. Sekda Provinsi Riau, Bupati/Walikota se Prov. Riau, Pimpinan DPRD Kota Dumai, Forkopimda Kota Dumai, serta hadirin tamu undangan yang berkesempatan hadir.(Diskominfo)