Beranda Daerah Bengkalis Mahasiswa KKN Suska Riau Taja Festival Anak Sholeh

Mahasiswa KKN Suska Riau Taja Festival Anak Sholeh

BENGKALIS – Mahasiswa KKN UIN Suska Riau menggelar acara penutupan festival anak soleh sekaligus tausiah agama dalam rangka memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1445 Hijriah di Masjid Syuhada, Dusun Penawa Darat, Desa Berancah, Kecamatan Bantan. Ahad, 6 Agustus 2023.

Mahasiswa KKN UIN Suska Riau berinisiatif dalam melatih kemampuan berkomunikasi dan bakat yang dimiliki anak-anak dusun Penawa Darat.

Adapun tema yang diusung yakni Jadikan Akhlak Nabi Sebagai Landasan Akhlak Masa Kini yang terdiri atas 4 cabang lomba diantaranya lomba azan (pa), lomba surah pendek (pi), lomba doa pendek (pa/pi), dan lomba pidato (pa/pi).

Acara diikuti oleh 41 orang peserta dari 3 masjid didikan subuh di Penawa Darat yaitu masjid Syuhada, masjid Baitul Amal, dan masjid Haqqul Yaqin.

Ketua pelaksana acara festival anak soleh Rifqi Hanif selaku Koordinator KKN UIN Suska Riau mengatakan peringatan tahun baru islam  merupakan program kerja besar dari tim KKN UIN Suska Riau.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Berancah Turadi serta mendapat bantuan dan sambutan yang hangat dari seluruh Masyarakat dusun Penawa Darat.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan acara perlombaan yang dilakukan di 2 lokasi yakni :

Lomba surah pendek dan doa harian dilakukan di dalam Masjid Syuhada dengan pemandu acara M. Riski Saputra. Adapun juri pada perlombaan tesebut yaitu Bapak Suryanto dari dusun Berancah dan Izzatun Nafsi.

Lomba azan dan pidato dilakukan di panggung tepatnya dihalaman masjid syuhada dengan pemandu acara M. Fauzan Abrar. Adapun juri pada perlombaan tersebut yaitu Bapak Zaini dari dusun Berancah dan Sindi Ramadhona.

Setelah perlombaan selesai pada siang hari pukul 12.00 WIB, dilanjutkan dengan acara penutupan sekaligus pembagian hadiah pemenang lomba pada malam hari pukul 20.30 WIB. Acara penutupan ini di pandu oleh Ade Cindy Ariska.

Acara penutupan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dari salah satu peserta Festival Anak Soleh yaitu saudara Zulfikram.

Acara peringatan tahun baru islam telah dilaksanakan oleh KKN UIN Suska Riau yang terdiri dari :

Rifqi Hanif (Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir), M.Fauzan Abrar (Manajemen Dakwah), Anggi Puspitasari (Psikologi), Abidah El Mukhayarrah (Psikologi), Ade Cindy Ariska (Akuntansi), Rana Fatrika (Teknik Informatika).

Nur Alia Balqis (Hukum Keluarga), Aidil Zikri (Teknik Informatika), Rahmi Aulia Ranty (Agroteknologi), Izzatun Nafsi (Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir), Sindi Ramadhona (Bimbingan Konseling Islam), Rafid Aiman (Peternakan), Rojaly Nasution (Hukum Keluarga), M. Riski Saputra (Bimbingan Konseling Islam).

(diskominfotik/joekro)