LAMR Kabupaten Inhil Laksanakan Tepok Tepong Tawar Kepada Forkopimda Yang Baru

TEMBILAHAN, Beritapojok.com – Bertempat di gedung Engku Kelana, Senin (14/09/2020), Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan acara tepok tepong tawar untuk Forkopimda Inhil.

Adapun tradisi tepok tepung tawar ini adalah sebagai sambutan kepada pejabat Forkopimda yang baru bertugas di kawasan Melayu, hal ini juga sudah biasa dilakukan sebagai pertanda bahwa masyarakat telah menerima dengan baik kehadiran pejabat baru.

Kegiatan ini dibuat atas kerja sama Dispora Kabupaten Inhil dan LAMR Inhil, karena kegiatan tepok tepong tawar ini memang sudah menjadi Adat Istiadat Budaya Melayu.

Acara tepok tepong tawar tersebut dihadiri langsung oleh ketua DPH Datok Sri H Said Syarifuddin, ketua MKA Datok Sri H Ferryandi dan ketua DKA Datok Sri H Mohd Thayeb Ali juga turut hadir Bupati Inhil Datok Setia Amanah HM Wardan.

Adapun unsur Forkopimda yang di tepok tepong tawar oleh LAMR kabupaten Inhil, antara lain; Dandim 0314/Inhil Letkol Infanteri Imir Faisal, Kapolres Inhil AKBP Dian Setiyawan SIK, Kejari Inhil Rini Triningsih SH MHum, Ketua Pengadilan Negeri Nurmala Sinurat SH MH, Ketua Pengadilan Agama Endang rosmala Dewi SAg MAg.

Dalam kata sambutannya, Datok Said Tengku Basiron sebagai ketua panitia tepok tepong tawar untuk Forkopimda  menyampaikan rasa terima kasih atas telaksananya kegiatan ini.

“Kami panitia juga mengungkapkan terima kasih kepada Dandim 0314/Inhil, Kapolres Inhil, Kepala Pengadilan Negeri, dan Kepala Pengadilan Agama Inhil telah menerima kami dengan ramah tamah waktu kami datang menjemput untuk ditepok tepong tawarkan,” ucap Datok Tengku Basiron.

Tak lupa Datuk Tengku Basiron juga mengucapkan Terima kasih kepada seluruh panitia dengan kerja samanya yang baik hingga terlaksananya acara tepok tepong tawar.

Sementara itu, Ketua DPH Datok Sri H Said Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan bertugas di negeri hamparan kelapa dunia kepada Forkopimda yang baru.

Baca juga:   Seleksi Calon Anggota Polri di Mapolres Inhil, 152 Orang Ikuti Pemeriksaan Administrasi Awal

“Kami seluruh pengurus LAMR Inhil mengucapkan selamat datang dan bertugas kepada Bapak bapak dan Ibu ibu pejabat Forkopimda, semoga merasa senang dan menyatu dengan masyarakat Inhil dan bisa bersinergi dengan masyarakat Inhil,” harap Datok Sri H Said Syarifuddin.

Selanjutnya ketua MKA Datok Sri H Ferryandi juga menyampaikan selamat datang dan bertugas di Kabupaten Inhil.

“Kami sampaikan bahwa acara tepok tepong tawar ini sudah menjadi prosesi adat Melayu yang berada di Riau ini, hal ini juga bermakna untuk mendoakan semoga bagi yang bertugas di tanah Melayu ini di berikan keselamatan dan kemudahan selamat bertugas,” jelas Datok Sri H Ferryandi.

Mewakili Forkopimda yang ditepok tepong tawar, Dandim 0314/Inhil dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Inhil atas sambutannya.

“Hal ini sungguh menjadi kebanggaan bagi kami pejabat Forkopimda yang disambut dengan hangat dan diterima oleh masyarakat Melayu dan masyarakat Inhil secara umum,” ujar Dandim 0314/Inhil.

“Mudah mudahan dengan acara tepok tepong tawar ini menjadi mempermudah tugas kami di kabupaten Inhil ini dan juga akan menjadi kedekatan kami dengan masyarakat Inhil,” lanjutnya.

Pada sambutannya, Bupati Inhil Datok Setia Amanat HM Wardan menyampaikan selamat datang dan bertugas kepada Kepala kepala Forkopimda yang baru bertugas di Negeri hamparan kelapa dunia ini.

“Selamat datang di Kabupaten Inhil dan adapun Kegiatan tepok tepong tawar ini sudah ada sejak zaman dulu di dalam adat istiadat Melayu, hal ini guna menyambut pendatang yang baru di masyarakat orang melayu dan mendoakan keselamatan dan kemudahan dalam melaksanakan tugasnya,” ungkap Bupati Inhil.(Marbun)