Beranda Pemerintahan Kunjungan Wiranto ke Papua, Begini Kondisi di Lapangan

Kunjungan Wiranto ke Papua, Begini Kondisi di Lapangan

Kunjungan Wiranto bersama Kapolri, Panglima TNI ke Wamena, Papua. (Foto: Kumparan)
Kunjungan Wiranto bersama Kapolri, Panglima TNI ke Wamena, Papua. (Foto: Kumparan)

BeritaPojok- Menkopolhukam Wiranto melakukan kunjungan kerja ke Wamena, Papua, Selasa (8/10). Dalam kunjungannya, Wiranto yang mewakili pemerintah melihat secara langsung kondisi terkini di Wamena setelah kerusuhan yang terjadi pada Senin (23/9).

Dalam kesempatan itu, Wiranto juga sempat berbincang dengan beberapa pengungsi. Ia mengklaim masyarakat pendatang masih tetap ingin tinggal di Wamena dan kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

“Kehidupan dari masyarakat non Papua yang ada di pengungsian itu ada di Wamena. Mereka telah merintis itu selama puluhan tahun. Mereka tidak ingin kembali ke daerah asalnya tapi tetap ingin tinggal di Wamena dengan catatan keamanan dijamin,” kata Wiranto dalam keterangannya dilansir Kumparan.

Wiranto memastikan pemerintah bersama aparat penegak hukum akan memberikan jaminan keamanan bagi seluruh penduduk yang ada di Papua. Para tokoh adat dan agama setempat, kata dia, juga memastikan akan memberikan jaminan keamanan.

“Mereka menginginkan untuk saudara-saudara non Papua untuk tidak pulang kembali ke daerah asalnya. Mereka ingin mereka tetap berada di sini untuk membangun apa yang sekarang rusak dan ingin memulihkan apa yang sekarang rusak. Saya kira itu suatu semangat yang luar biasa,” ucap Wiranto.

Wiranto menambahkan, hasil kunjungan ini akan disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo agar pemerintah pusat dapat mengambil langkah selanjutnya. Menurutnya, Jokowi sudah memerintahkan agar kondisi Wamena segera dipulihkan dalam waktu yang cepat, seperti beberapa gedung yang dirusak massa mulai dari ruko, rumah, gedung pemerintah hingga fasilitas umum lainnya.

“Kami juga ingin agar segera pulih dengan semangat kebersamaan, persaudaraan. Saya kira ini yang ingin dicapai pemerintah pusat sehingga dapat dipahami masyarakat Indonesia,” ujar Wiranto.

Pada kesempatan itu pula, Wiranto juga berpesan agar masyarakat khususnya yang ada di Wamena agar tidak mudah percaya dan terprovokasi dengan informasi hoaks yang ada di media sosial. Ia berharap agar situasi kondusif ini dapat terus terjaga.

“Yang terpenting jangan percaya berita hoaks lagi seakan-akan di sini masih rusuh. Kenyataannya sekarang ini sudah aman,” tegasnya.

Ia menyebut saat ini masih ada beberapa informasi hoaks yang mengatakan situasi Wamena masih belum kondusif. Sehingga pemerintah meminta kepada seluruh masyarakat, terutama para mahasiswa Papua, untuk ikut memberikan edukasi dan pemahaman.

“Sampai saat ini masih muncul hoaks yang ingin terus membuat suasana ini terus membuat kacau. Itu harus dilawan bersama,” ucap Wiranto.

Terakhir, Wiranto mengatakan pemerintah juga akan memfasilitasi masyarakat pendatang yang akan kembali ke Wamena. Ia berharap agar masyarakat Wamena dapat meyakinkan agar para pendatang mau kembali pulang ke Wamena.

“Masyarakat yang keluar Wamena pasti akan difasilitasi untuk kembali ke Wamena. Sehingga situasi Wamena dan Jayapura bisa normal kembali,” tutupnya.

Dalam kunjungan ini Wiranto turut didampingi beberapa pejabat pemerintah mulai dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri BUMN Rini Soemarno. (red)