Kehadiran Mahasiswa UIN Suska Riau, Disambut Baik dan Haru Oleh Warga Dusun Suku Asli Jangkang

BANTAN – Kehadiran mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, di Dusun Suku Asli Desa Jangkang disambut baik dengan rasa sukacita oleh warga bersama kepala sukunya.

Sambutan hangat itu, diterima para tim Mahasiswa UIN Suska Riau ketika menggelar sosialisasi Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) di Dusun Suku Asli Desa Jangkang, Sabtu 5 Agustus 2023.

Kala itu, Kepala Dusun Asli Desa Jangkang Matius mengakui sekian banyak mahasiswa KKN yang datang ke Desa Jangkang ini, baru KKN kali inilah yang mau menyempatkan hadir ke dusun ini.

“Sebenarnya saya sangat terharu karena dengan kehadiran mahasiswa KKN yang datang ke Desa Jangkang, baru KKN kali inilah yang mau menyempatkan hadir ke dusun kami, dusun asli. Kami sangat apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Tim KKN Mahasiswa UIN Suska Riau telah hadir di tempat kami, dengan memberikan ilmu bermanfaat kepada warga kami,” ucap Kadus Matius.

Sementara itu, Ketua Koordinator Lapangan  Misalman mengatakan, Perilaku Hidup Sehat dan Bersih atau disebut PHBS ini merupakan tema yang diusung oleh tim KKN UIN Suska Riau Desa Jangkang 2023 dalam salah satu program kerja yang dilakukan Bersama anak-anak Dusun Suku Asli, Desa Jangkang.

Tema ini diangkat untuk mengenalkan pentingnya gaya hidup bersih dan sehat yang harus dimulai sejak usia dini. Dalam kegiatan PHBS ini mahasiswa KKN UIN Suska Riau Desa Jangkang 2023 mengenalkan bagaimana cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka dengan kegiatan literasi yang dilaksanakan selama 15 menit, dimana hal ini mahasiswa KKN UIN Suska Riau Desa Jangkang 2023 bekerja sama dengan pihak Perpustakaan Desa Jangkang yang ikut andil dalam memfasilitasi buku-buku cerita yang digunakan sebagai bahan bacaan anak-anak Suku Asli.

Tidak hanya mengenalkan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) dan kegiatan literasi. Anak-anak juga diminta langsung untuk mempraktekkan kegiatan menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.

Kegiatan sosialisasi PHBS ini berjalan dengan lancar, berkat dukungan oleh pihak Kepala Dusun Suku Asli Matius serta disambut antusias warga Suku Asli Desa Jangkang.

Hal ini terbukti dengan partisipasi orang tua yang mengantar serta menjemput anak-anak mereka dan begitu antusiasnya anak-anak  dari Suku Asli yang datang dan turut meramaikan kegiatan sosialisasi yang dilaksakan oleh KKN UIN Suska Riau Desa Jangkang 2023.#DISKOMINFOTIK.

(diskominfotik/joekro)