Kadis DLH dan Komisi II DPRD Diskusi Bersama Kementerian PUPR

BENGKALIS – Kadis Lingkungan Hidup, bersama Wakil Ketua DPRD Bengkalis bersama anggota lainnya melaksanakan konsultasi dan pembahasan tindak lanjut proposal usulan dana APBN untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir/Tempat Pemrosesan Sampah Terpadu/Tempat Pemrosesan Sampah 3R Bengkalis di Direktorat Sanitasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI di Jakarta.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa proposal untuk pembangunan TPA/TPST/TPS 3R di Kabupaten Bengkalis ini telah diserahkan sebelumnya ke Direktorat Sanitasi DJCK KEMEN PUPR RI. Dalam konsultasi ini dilakukan pembahasan pemenuhan persyaratan untuk memastikan bahwa proses penganggaran rencana proyek ini dapat berlanjut dan berjalan sesuai harapan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Salah satu poin yang diangkat dalam pertemuan ini adalah perlunya koordinasi yang intens dengan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau untuk teknis pendataan kinerja pengelolaan sampah di Kabupaten Bengkalis. Koordinasi ini dianggap penting untuk memastikan bahwa proyek pembangunan infrastruktur pengelolaan sampah dapat dilaksanakan dengan tepat dan efisien sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis menegaskan pentingnya kerja sama lintas sektor dalam upaya meningkatkan pengelolaan sampah di wilayah tersebut. “Kami akan terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan pembangunan TPA/TPST/TPS 3R ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.

Sementara itu dalam kesempatan sebelumnya pada Rabu 21 Februari 2024, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis bersama Kepala Bidang Tata Lingkungan menerima kunjungan sekaligus mendampingi Tim dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau yang melaksanakan survey terhadap TPA eksisting yang berada di Kecamatan Bantan dan lokasi rencana pembangunan TPST di Desa Air Putih Kecamatan Bengkalis. Dalam kesempatan ini Tim dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau melaksanakan pemetaan menggunankan drone. Hasil yang diperoleh akan dijadikan bahan dalam diskusi terhadap tindak lanjut proposal Pembangunan TPA/TPST/TPS 3R Bengkalis.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis dalam beberapa kesempatan terus mendorong agar seluruh pihak terkait untuk dapat berperan aktif agar proyek pembangunan TPA/TPST/TPS 3R Bengkalis ini dapat terwujud sehingga dapat meningkatkan kinerja pengelolaan persampahan di Kabupaten Bengkalis.

(diskominfotik/joekro)