Beranda Daerah Jadi Tuan Rumah Porseni IGTKI-PGRI, Wako Dumai: Tingkatkan Profesionalitas Guru

Jadi Tuan Rumah Porseni IGTKI-PGRI, Wako Dumai: Tingkatkan Profesionalitas Guru

DUMAI – Lomba Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI – PGRI) Tingkat Provinsi Riau Tahun 2021, resmi dibuka oleh Gubernur Riau dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Riau, H. Syahrial Abdi, AP., M.Si, bertempat di Balai Sri Bunga Tanjung, Rabu (13/10/2021).

Kota Dumai pada kesempatan ini menjadi tuan rumah pelaksanaan Porseni IGTKI-PGRI Provinsi Riau, sebuah kegiatan akbar olahraga dan seni untuk para guru taman kanak-kanak, yang diadakan setiap 4 tahun sekali.

Adapun tema yang diusung pada Kegiatan Porseni kali ini yaitu Melalui Porseni Daerah IGTKI-PGRI Provinsi Riau Tahun 2021 Membangkitkan Kesadaran Kolektif dan Sportifitas Guru TK dalam Melestarikan Budaya Daerah.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yang dilaksanakan di 2 tempat, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai dan Balai Pertemuan Sri Bunga Tanjung.

Dalam Laporannya, Ketua Penyelenggara Porseni IGTKI-PGRI Tahun 2021 di Kota Dumai, Hj. Leni Ramaini Paisal, SKM menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mempererat tali silaturahmi diantara guru taman kanak-kanak secara nasional, dan mengimplementasikan dan mengekspresikan inovasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran melalui lomba porseni.

“Selain itu, tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini juga untuk menumbuhkan sikap sportivitas, kreativitas, melalui berbagai lomba porseni, melestarikan budaya bangsa di masing-masing daerah terutama dalam kekhasan permainan tradisional untuk anak, serta memperluas wawasan dan meningkatkan kompetensi guru Taman Kanak-Kanak peserta porseni melalui pembelajaran sesama guru TK,” ucapnya.

Walikota Dumai, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada IGTKI Provinsi Riau yang mempercayakan Kota Dumai sebagai tuan rumah penyelenggaraan PORSENI bagi seluruh guru-guru taman kanak-kanak se-Provinsi Riau.

“Sungguh inilah kesempatan IGTKI Kota Dumai memaksimalkan momentum guna menjadi salah satu yang terbaik di Provinsi Riau,” ungkapnya.

Beliau berharap, selain meningkatkan kualitas pembinaan para guru, kegiatan ini juga menjadi ajang silahturahmi sesama guru dalam perspektif yang lebih luas dan bukan hanya semata-mata menjadi ajang perlombaan saja.

“Dalam kaitan itulah, perlombaan yang nantinya memunculkan semangat berkompetisi yang fair diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas seluruh peserta. Nilai-nilai profesionalitas inilah yang kami harapkan terus diaplikasikan dalam bekerja dan mengajar dan pada muaranya akan menghasilkan output anak didik yang berkualitas,” tutur Walikota Dumai.

Asisten III Setdaprov Riau sebelum membuka secara resmi Porseni IGTKI-PGRI, beliau berharap kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk membangkitkan semangat dan kerjasama membangun basis pendidikan bagi generasi emas Indonesia.

“Menanggapi sambutan Walikota Dumai, kami setuju dan sepakat bagaimana kita membangun Riau dengan bersinergi, bersama-sama, berkolaborasi, untuk mencapai pendidikan yang terbaik bagi anak-anak Riau sebagai kader-kader pemimpin dan pengganti kita dimasa depan,” pungkasnya.

Peresmian Porseni ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Asisten III Setda Prov Riau didampingi Walikota Dumai, Bunda Paud Prov Riau, Bunda Paud Dumai, Anggota DPD RI, dan Ketua IGTKI Prov. Riau.

Acara Pembukaan Porseni IGTKI-PGRI Prov. Riau turut dimeriahkan dengan penampilan peragaan defile dari kontingen yang hadir. Guru-guru TK dari 12 kabupaten/kota berbaris dengan mengenakan pakaian khasnya.

Seru dan luar biasa, penampilan peragaan busana dari masing-masing kontingen sesuai dengan nomor undian, dimulai dari Kabupaten Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, Kota Dumai, Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, dan ditutup dengan peragaan Kabupaten Indragiri Hilir.

Setelah defile kontingen, dilanjutkan dengan Penyerahan Bendera Porseni dari Bunda Paud Kota Dumai kepada Bunda Paud Prov Riau yg selanjutnya diserahkan ke Bunda Paud Kab. Bengkalis, Penyerahan Cenderamata dari Bunda Paud Kota Dumai kepada Bunda Paud Prov. Riau, Penyerahan Cendramata dari Walikota Dumai kepada Bunda Paud Kab/Kota, serta dilanjutkan dengan foto bersama.

Turut hadir Bunda Paud Provinsi Riau, Misnarni Syamsuar, Anggota DPD RI, Misharti dan tamu undangan yang terdiri dari Pimpinan Daerah kabupaten/kota se-Provinsi Riau, Pimpinan DPRD Kota Dumai, seluruh Bunda PAUD se Provinisi Riau, Kepala OPD se-Provinsi Riau yang berkesempatan hadir, Ketua IGTKI Prov. Riau, kabupaten dan kota, utusan/kontingen dari 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau, serta hadirin yang berkesempatan hadir. (infotorial/diskominfo)