Beranda Berita Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa 13 April 2021

Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa 13 April 2021

JAKARTA, Beritapojok.com – Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Penetapan ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Senin sore yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion, bersepakat, dan kami menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021 atau bertepatan dengan hari Selasa,” ujar Menteri Agama.

Kemenag menyatakan bahwa penetapan 1 Ramadhan ini dilakukan berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal. Adapun pemantauan hilal dilakukan di 88 pos pengamatan di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Yaqut menjelaskan bahwa dalam pengamatan hilal ini, ada 13 orang yang menyatakan bahwa hilal sudah terlihat.

“Kami mendapatkan 13 orang yang dibawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat,” ucapnya.

Dengan penetapan ini, mulai Senin malam ini umat Islam di Indonesia sudah dapat melaksanakan shalat tarawih. “Di malam ini sudah bisa melakukan shalat tarawih dan pagi kita makan sahur,” jelas Yaqut.

Sidang isbat tahun ini dilakukan dengan perpaduan daring (online) dan luring (offline), yang digelar di Kantor Kemenag.

Sidang isbat dihadiri perwakilan dari Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kemudian, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kemenag, serta tim hisab dan rukyat Kemenag.

Sejumlah ormas Islam, antara lain NU, Muhammadiyah, Persis, dan Al Washliyah, juga hadir langsung di Kantor Kemenag.(***)

 

Sumber: Kompas.com