Gas dan Keritang Jadi Pilot Projek Kantor Capil Kecamatan Untuk Tahun Ini

Sekretaris Disdukcapil Inhil, Nursal
Sekretaris Disdukcapil Inhil, Nursal

TEMBILAHAN, Beritapojok.com – Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) dan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan dicanangkan menjadi pilot project kantor Capil di Kecamatan pada bulan Juli 2020 mendatang.

Seperti yang sudah dipaparkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Mizwar Efendi diawal menjadi Kepala Dinas Disdukcapil Inhil.

“Saya sudah diskusi panjang dengan sekretaris Disdikcapil Inhil (Nursal), untuk mengkaji soal perangkat dan regulasi, jika ada peluang besar kami akan laksanakan program pilot project Kantor Capil tersebut,” tutur Kepala Disdukcapil Inhil Mizwar saat dikonfirmasi, pada Februari lalu.

Selain itu, Ia juga mempertimbangkan kondisi geografis di daerah, masyarakat diluar Ibukota Kabupaten yang datang menghabiskan biaya hanya untuk merekam dan mengambil e-KTP.

“Memang membuat e-KTP itu gratis, tapi coba kita bayangkan biaya akomodasi dan transportasi masyarakat di daerah ke Ibukota Kabupaten, itu banyak, itupun kalau selesai dalam sehari,” imbuhnya.

Baca juga:   Ajukan Mediasi 13 Item ke PT THIP Pelangiran, FKM Balista Datangi DPRD Inhil

Ia mengatakan Disdukcapil Inhil harus berani membuat gebrakan berupa pilot project tersebut untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat di daerah.

Begitu juga dengan Sekretaris Disdikcapil Inhil, Nursal saat dikonfirmasi Beritapojok.com, Selasa (16/6/20), rencananya pilot project tersebut akan dilakukan pada bulan Juli 2020.

“Untuk tahun 2020 ini tepatnya bulan Juli nanti, kita canangkan kantor Capil di dua kecamatan sebagai pilot project. Semoga bisa kami realisasikan,” ungkapnya.

Dua kecamatan tersebut dikatakan Nursal yakni di Kecamatan GAS dan Keritang.

“Kita lihat dulu perkembangan di dua kecamatan tersebut, jika berkelanjutan InsyaAllah pada tahun 2021 akan dilakukan penambahan kantor capil di kecamatan lainnya,” ujar Nursal.(Marbun)