DPPPA Berikan Trauma Healing Pasca Bencana Banjir Untuk Anak-Anak Siak Kecil

SIAK KECIL – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Bengkalis, Rabu 7 Februari 2024 memberikan trauma healing pada anak pasca bencana banjir di Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil.

“Bencana banjir yang melanda kawasan pemukiman penduduk Kecamatan Siak Kecil memang sudah berakhir, namun dipastikan membawa dampak psikologis terhadap anak-anak, makanya kami menurunkan tim healing,” ungkap Kepala DPPPA Kabupaten Bengkalis Emilda Susanti, Rabu 7 Februari 2024.

Tim Trauma Healing DPPPA Kabupaten Bengkalis mengajak anak-anak yang menjadi korban banjir berkumpul di satu tempat. Lokasi kegiatan trauma healing diadakan di Lapangan SD Negeri 14 Siak Kecil Desa Sungai Linau.

Tim Trauma Healing dipimpin oleh Kepala DPPPA Kabupaten Bengkalis Emilda Susanti, didampingi Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Fitrianita Eka Putri, Juga Melibatkan Pejabat Fungsional Amrina Zulfieyati, Analis Pemberdayaan Perempuan dan Anak Teguh Pranata, Fasilitator Forum Anak Kabupaten Bengkalis Restia Aumalia Husna, Ketua Forum Anak Bengkalis Syahril Kurniata dan Sejumlah pengurus Forum Anak Kecamatan Bengkalis, Desa Lubuk Garam dan Desa Sadar Jaya.

Sebelum kegiatan trauma healing dimulai Kepala DPPPA Kabupaten Bengkalis terlebih dahulu memberikan semangat kepada anak-anak korban banjir, beliau berpesan kepada mereka untuk tetap semangat dan tidak berputus asa menghadapi banjir tersebut.

“Anak-anak yang kami sayangi, besar harapan bunda kepada kalian untuk tetap semangat menghadapi semua ini, tetap rajin belajar karena kalian adalah generasi penerus yang akan melanjutkan cita-cita bangsa indonesia, ditangan kalianlah masa depan indonesia kami percayakan,” ucap Emilda penuh semangat.

Lebih lanjut Emilda menyampaikan rasa simpatinya kepada anak-anak yang pasti sedih dan mengalami kesulitan selama pengungsian akibat musibah banjir yang telah merendam tempat tinggal mereka.

“Bunda turut merasakan kesedihan kalian, ini pasti sulit untuk dilewati, rumah, sekolah kalian terendam banjir sehingga kalian mesti mengungsi dan tidak bisa bersekolah seperti biasanya, namun kalian harus tetap optimis bahwa kalian bisa mengejar ketertinggalan pelajaran-pelajaran di sekolah” tutup Emilda

Setelah Emilda selesai memberikan motivasi kepada anak-anak, mereka lantas diajak bermain, bernyanyi, serta dengan metode lain yang sifatnya membuat siswa-siswi menjadi riang dan gembira.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Siak Kecil Syahnan Ady Kusuma, Kepala Sekolah SD Negeri 14 Siak Kecil Desa Sungai Linau Zainur beserta tenaga pendidik dan Sekretaris Desa Sungai Linau Gatot. #DISKOMINFOTIK.

(diskominfotik/joekro)