Beranda Daerah Bengkalis Dandim 0303 Bengkalis Bersama Upika Kecamatan Siak Kecil Panen Raya di Desa...

Dandim 0303 Bengkalis Bersama Upika Kecamatan Siak Kecil Panen Raya di Desa Lubuk Gaung

Gubernur Riau H.Syamsuar Bersama Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung Dan Distan SE:Provinsi Riau, Rabu 3/8/2022.
Gubernur Riau H.Syamsuar Bersama Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung Dan Distan SE:Provinsi Riau, Rabu 3/8/2022.

Siak Kecil, Beritapojok.com- Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia H melalui Koramil 05 Bukit Batu Kapten Inf Muhdoyo Sancoko bersama Camat Siak Kecil dan Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Zul Hamdi melakukan Panen Raya Padi dengan Kelompok Tani Sri Tanjung 1 dan Kelompok Tani Sri Tanjung 2, di lahan pertanian Desa Lubuk Gaung Kecamatan Siak kecil Kabupaten Bengkalis.

Secara simbolis, kegiatan panen raya ditandai prosesi pemotongan batang padi oleh Kapten Infanteri Mohdoyo Sancoko, Camat Siak kecil dan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, serta Polsek Siak Kecil. Sebagai informasi, bahwa padi yang ditanam adalah 150 Hektar ditanam dengan menggunakan sistem jajar legowo dan konvensional. Dalam kondisi optimal, produksi padi bisa mencapai 8-9 ton/hektar nya

Secara khusus Dandim 0303 Bengkalis melalui Koramil 05/Bukit Batu menyatakan, Panen Raya Padi ini menjadi bukti bahwa upaya mewujudkan ketahanan pangan yang kini menjadi isu dunia ini, menjadi komitmen dan keseriusan Pemerintah kabupaten.

Terutama bagi masyarakat Siak kecil khususnya Tanjung Damai yang mana makanan pokoknya adalah dari beras. Agar ketersediaan beras menjadi bagian yang sangat penting yang harus disiapkan.

“Ketika ketahanan pangan menjadi isu dunia sementara masyarakat Indonesia bahan pangan pokoknya adalah beras, maka ketersediaan serta ketercukupan menjadi hal yang sangat penting,” ungkap Kapten Inf Muhdoyo Sancoko.

“Hari ini saya sengaja turun guna memonitoring karena perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu berpotensi berdampak pada produksi padi kita,” jelas Danramil.

Di sisi lain menyatakan, panen raya ini merupakan hasil inovasi kelompok tani yang dikelola bersama UPT.Dinas Pertanian dan PPL kecamatan Siak kecil untuk mencari bibit yang tepat untuk dikembangkan di Desa Lubuk Gaung dan tanjung damai.

Kapten Inf Muhdoyo Sancoko juga meminta para petani harus melakukan percepatan masa tanam sebelum masuk musim kemarau, saat ini masih terdapat hujan bisa berfungsi untuk mengairi area persawahan.

Hal yang strategis lainnya selain percepatan masa tanam yaitu alih fungsi lahan, lahan sawah harus dilindungi jangan sampai lahan Persawahan di tanami sawit.

“Petanya harus terkonfirmasi kepada seluruh institusi tingkat desa, kelurahan maupun kecamatan. Maka, perlu pengawasan untuk memastikan bahwa lahan pertanian terlindungi, ini merupakan bagian dari upaya tidak sekedar menjaga ketahanan pangan tapi juga kedaulatan pangan,” ungkapnya.

Terakhir, Kapten Inf Muhdoyo Sancoko juga menyampaikan rasa terima kasih nya kepada para petani yang telah bekerja keras memenuhi ketercukupan kedaulatan pangan di Lubuk Gaung ini.

“Sekali lagi saya sampaikan terimakasih kepada para petani dan gapoktan, tetap semangat. Jadi mengenai isu terkait pangan adalah isu yang sangat strategis oleh karena itu perlu nya kita lakukan hari ini tidak hanya simbolik melakukan panen bersama. Selain itu, Tidak banyak tempat seperti ini cuma satu area, namun beragam varietas itu artinya bisa dijadikan refrensi bagi gapoktan dan sektor pertanian,” tutupnya.

Lebih lanjut Anggota DPRD kabupaten Bengkalis ZulHamdi menyampai kan terutama kepada kepala desa dan kelompok Tani harus saling berkordinasi dalam pengembangan Tanaman padi di desa ini

Dan lebih lanjut dengan kegiatan panen raya ini yang di ada kan oleh Dandim 0303 Bengkalis,dan menyampai kan kepada panglima TNI Bapak Andika Perkasa dalam rangka Ketahanan Pangan Nasional dan jajaran TNI yang ada,bahwasanya 27000 Ribu Hektar lahan tidur belum di bebas kan kepada masyarakat.kami berharap kepada bapak panglima TNI bisa membantu masyarakat Desa Lubuk Gaung dan tanjung damai demi Ketahanan Pangan Nasional lebih terjamin dan lebih baik kedepannya salam dari kami masyarakat Siak kecil.tutup ZulHamdi saat di wawancara media. (jok)