Beranda Berita Cegah PMK, Koramil 01 Dumai Dampingi Petugas Berikan Vitamin Pada Hewan Ternak

Cegah PMK, Koramil 01 Dumai Dampingi Petugas Berikan Vitamin Pada Hewan Ternak

DUMAI- Guna mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kodim 0320 Dumai melalui Babinsa Koramil 01 Dumai dampingi petugas yang menyuntikkan vitamin terhadap hewan ternak, Senin (18/7).

Babinsa Kelurahan Tanjung Palas, Pelda Sholikin bersama petugas kesehatan hewan dan DKPP Kota Dumai turun ke salah satu peternakan di Jalan Kampung Sripulau Kelurahan Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai.

Pelda Sholikin mengatakan bahwa, penyuntikan vitamin guna mencegah meluasnya PMK di Wilayah Kota Dumai, terutama di Kelurahan Tanjung Palas.

Setelah dilakukan penyuntikan vitamin ini, ia berharap supaya pemilik ternak terus mengawasi perkembangan hewan ternaknya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau, supaya menjaga kebersihan kandang, dan selalu memperhatikan kondisi kesehatan sapi dan Segera melaporkan apabila mendapati sapi dengan gejala sakit di mulut dengan mengeluarkan busa dan tidak mau makan.

Baca juga:   Personil Kodim Dumai Laksanakan Olahraga Rutin

“Mari terus kita perhatikan kesehatan hewan ternak kita dengan memastikan kandang tetap bersih dan terawat,” jelasnya.

Dalam kegiatan pemantauan dan monitoring terhadap sapi milik peternak tersebut tidak di temukan gejala yang mengarah pada penyakit PMK.

“Kami suntikkan vitamin kepada sapi milik Warga guna mencegah meluasnya penyakit PMK,” katanya.

Untuk diketahui, PMK atau Foot and Mouth Disease (FMD) yang diketahui ternyata tidak hanya menyerang pada hewan ternak sapi, tapi juga kerbau, domba atau kambing yang dapat menyebabkan nilai jual pada hewan ternak menurun drastis. (rilis)