Bolehkah Minum Kopi Ketika Badan Sedang Sakit? Ini Jawabannya

DUMAI, Beritapojok.comKonsumsi kopi ketika badan tengah tidak sehat ini tentu bakal menimbulkan pertanyaan. Benarkah hal ini aman untuk dilakukan?

Konsumsi kopi sesungguhnya bisa memberi dampak positif pada tubuh. Namun tentu saja ketika hal tersebut dilakukan pada saat tubuh sehat.

Ketika sakit, konsumsi kopi bisa memicu perdebatan sendiri karena berbagai alasan. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah dampak yang bisa diberikan pada tubuh yang sedang sakit ketika mengonsumsi kopi.

1. Tingkatkan Tenaga Bagi yang Sudah Biasa Minum
Bagi seseorang yang biasa mengonsumsi kopi setiap hari, konsumsi minuman lezat ini bisa membantu meningkatkan energi. Ketika hanya mengalami demam, minuman ini bisa membantu memberi rasa hangat tanpa efek samping berbahaya. Namun jika mengalami penyakit lain, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi.

2. Memperparah Mag
Seseorang yang mengalami mag atau penyakit lambung lainnya sebaiknya menghindari minuman ini. Konsumsi kopi hanya akan memperparah kondisi mereka dan membuat perut menjadi semakin sakit.

Baca juga:   Pasien Positif Covid-19 di Inhil Bertambah 1 Menjadi 11 Orang  

3. Bisa Berdampak pada Obat yang Dikonsumsi
Ketika tengah mengonsumsi obat terutama jika kamu bukan seorang peminum kopi, sebaiknya hindari minuman ini. Pasalnya, kopi bisa membuat dampak yang diharapkan dari obat jadi tidak dapat terjadi secara optimal.

4. Menyebabkan Dehidrasi dan Diare
Efek samping dari kafein adalah berupa efek diuretik di dalamnya yang bisa mengeluarkan cairan dari tubuh. Ketika kamu dehidrasi atau mengalami diare, minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa memperparah kondisimu. Pada kondisi perut yang tak nyaman, kopi sebaiknya juga dihindari karena alasan yang sama.

Secara garis besar, kopi sebaiknya dihindari ketika sakit. Hanya mereka yang terbiasa meminumnya dan dalam kondisi sakit yang ringan saja yang boleh mengonsumsi minuman ini. (FR/red)

Sumber: Merdeka.com