Bangunan Pengaman Pasang Surut di Kota Dumai Dinilai Tak Berfungsi

Bangunan Pengaman Pasang Surut di Kota Dumai Dinilai Tak Berfungsi

Beritapojok.com – Tiga Bangunan pengaman pasang surut di Kota Dumai dengan total pengadaan 4 Miliar lebih dinilai tak berfungsi.

Pasalnya, bangunan yang seharusnya menghalangi air yang meluap dari sungai ketika pasang keling itu tampak hanya simbol.

Air yang meluap ketika pasang keling itu, tampak disedot dan dialirkan dengan pipa ke arah sungai.

Namun, air tersebut tampak masuk kembali melalui sisi lainnya, tepatnya tak jauh dari bangunan itu.

Kejadian itu direkam oleh warga tempatan dan diunggah ke media sosial Facebook (FB) dengan caption Abu Nawas Part 2 ” Masyarakat Kecewa Sama abu Nawas”.

Video tersebut diunggah oleh akun FB Ajay, Rabu (22/2) dengan durasi 20 detik dengan link: klik di sini
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0zfmtMwtEnfzmParFGFx3CexLAs9gTSBUqjSR8FdDmUWSxtasUZFtYUysmcgsNVesl&id=100055034359692&mibextid=NnVzG8

Dalam video tersebut, salah seorang warga yang belum diketahui identitasnya mengatakan bahwa bangunan pengaman pasang surut merupakan proyek main-main.

“(proyek, red) Main-main,” ujar salah seorang warga sambil memegang sebatang rokok dan melihat ke arah bangunan pengaman pasang surut itu.

Baca juga:   Tahun 2020, Kapolres Dumai: Mari Wujudkan Kota Dumai Bebas Asap

Terdengar juga suara dari perekam video tersebut. “Kami cakap proyek abu nawas,” ujarnya usai bertanya kepada warga.

Proyek Bangunan Pengaman Pasang Surut

Untuk diketahui, pemerintah Kota Dumai pada tahun 2022 lalu telah menggelontorkan 4 Miliar lebih untuk bangunan pengamanan pasang surut.

Informasi yang berhasil dirangkum, terdapat 3 titik yang dibangun dengan nilai yang berbeda. Yakni di Kecamatan Dumai Kota, Kecamatan Dumai Barat – Dumai Selatan, serta di Jalan Siak.

Pembangunan yang berada di Dumai Kota menghabiskan anggaran senilai Rp. 2,3 Miliar, untuk Dumai Barat dan Dumai Selatan menghabiskan dana Rp. 996 Juta.

Sedangkan pembangunan pengaman pasang surut di Jalan Siak menghabiskan dana Rp. 1,4 Miliar.

Hingga berita ini diterbitkan, Plt Kadis PUPR Kota Dumai, Reza Fahlepi, ST belum berhasil dihubungi untuk dimintai tanggapannya, pesan via WhatsApp juga belum direspon.

Penulis: Iskandar Zulkarnain