Beranda Berita Babinsa Koramil 03 PWK Dampingi Penyemportan Disinfektan Hewan Ternak

Babinsa Koramil 03 PWK Dampingi Penyemportan Disinfektan Hewan Ternak

DUMAI- Babinsa Kelurahan Lubuk Gaung Koramil 03 PWK, Kodim 0320 Dumai, Pelda Tovani lakukan pendampingan penyemprotan disinfektan terhadap hewan ternak, Kamis (21/7).

Penyemprotan ini guna mencegah secara dini penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang kini sedang merebak.

Kegiatan diawali dengan Brifing bersama seluruh personil yang terlibat, agar pelaksanaan penyemprotan Disinfektan pada kandang kandang sapi tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa hambatan.

Pelda Tovani mengatakan kegiatan penyemprotan Disinfektan pada kandang kandang sapi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus PMK pada ternak sapi di seluruh wilayah Kota Dumai, Khususnya di Kelurahan Lubuk Gaung Sehingga tidak terjadi gejolak Kamtibmas atau pun kepanikan pada warga Desa yang memiliki ternak sapi.

Baca juga:   Cegah Penularan PMK, Babinsa Koramil 03 Sungai Sembilan Kawal Vaksinasi Hewan

Babinsa Pelda Tovani juga menambahkan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dalam mencegah dini terhadap wabah PMK, mengingat telah adanya wabah penyakit mulut dan kuku yang menyerang sejumlah hewan ternak sapi maupun kambing di berbagai daerah.

“Ini merupakan salah satu langkah preventif kita bersama Instansi terkait guna pencegahan dalam penyebaran penyakit PMK yang berdampak pada hewan ternak lainnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Penyemprotan desinfektan ini bertujuan untuk membunuh kuman di kandang agar tetap steril, Selain penyemprotan disinfektan, pemberian vitamin dan kebersihan kandang harus rutin dilakukan.

“Kita juga melakukan himbauan kepada warga yang memiliki ternak sapi maupun kambing agar tetap menjaga kebersihan kandang, serta segera melaporkan apabila ada indikasi sakit pada hewan ternak agar kita dapat melakukan penanganan,” ujarnya. (rilis)