Adidas Bagikan Sepatu, T-shirt, dan Masker Gratis Ternyata Hoaks

JAKARTA, Beritapojok.com – Sebuah informasi menyebar melalui aplikasi perpesanan Whatsapp. Informasi yang beredar itu menyebutkan bahwa Adidas membagikan sepatu, T-shirt, dan masker gratis.

Informasi ini beredar di media sosial pada 2 Agustus 2020. Pesan yang beredar itu juga menyertakan link dan ada ajakan untuk mengeklik link tersebut untuk mendapatkan produk Adidas itu.

Saat dikonfirmasi, Adidas Indonesia menyatakan tidak pernah membagikan benda-benda tersebut melalui link. Informasi ini dipastikan hoaks.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran yang dilansir Kompas.com, pesan tersebut beredar di grup Whatsapp.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Kompas.com . Berikut ini salah satu narasi yang beredar: “WOW! Adidas menawarkan 3100 Sepatu Gratis, T-shirt dan Masker untuk semua orang, Dapatkan milik Anda di sini GRATIS http://adidas-id.offers247.online”

Konfirmasi Adidas

Senior Manager, Brand Activations Adidas, Cinita Mayakatri untuk dikonfirmasi terkait hal tersebut. Pihak Adidas mengatakan pesan tersebut adalah hoaks.

“Terima kasih sudah mengkroscek ke kami. Link yang tersebar hoaks,” kata Cinita sebagaimana dilansir Kompas.com, Minggu (2/8/2020).

Baca juga:   Terkait Virus Corona, Presiden Jokowi Gelar Rapat Terbatas dan Ini Hasilnya

Ia mengatakan, link yang disebarkan melalui Whatsapp itu bukan link dari PT Adidas Indonesia. Adidas tidak pernah membagikan sepatu gratis, t-shirt, maupun masker dengan cara itu.

Cinita juga menyebutkan, pihak PT Adidas Indonesia tidak mengadakan program seperti yang dituliskan pada pesan tersebut.

Pesan hoaks seperti ini pernah terjadi sebelumnya.  “Sebelum ini ada juga link yang beredar mengatasnamakan Adidas, namun pihak Adidas Indonesia tidak pernah melakukan program tersebut,” ujar Cinita.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap link hoaks yang semakin marak saat ini.

Mereka yang menerima pesan seperti ini disarankan untuk tidak mengeklik link semacam itu.

“Masyarakat bisa melihat dari website atau akun sosial media resmi Adidas Indonesia mengenai kegiatan atau program yang kami lakukan,” pungkas Cinita.(***)

Sumber : Kompas.com