4 Langkah Strategis Peningkatan Kualitas PAUD

PEKANBARU, beritapojok.com – Gubernur Riau (Gubri) melalui Kepala Bidang Pendataan dan Pengembangan Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Muhamad Guntur mengungkapkan bahwa ada empat langkah strategis peningkatan kualitas penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Ini disampaikannya saat memberikan kata sambutan pada kegiatan pelantikan Pengurus Wilayah Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himapaudi) Provinsi Riau di Hotel Resty Menara, Sabtu (7/3/2020).

Guntur mengatakan, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tentang PAUD di Indonesia, terutama dalam rangka sosialisasi dan implementasi PAUD dan perencanaan wajib belajar anak usia 4-6 tahun, pendidik dan tenaga PAUD sangat dibutuhkan.

“Adapun empat langkah strategis tersebut, pertama, penguatan kelembagaan penyelenggaraan PAUD. Kedua, peningkatan kualitas pendidik dan tenaga pendidikan dalam PAUD, hal ini dibutuhkan karena pendidik dan tenaga pendidikan yang berpotensi tentu akan menentukan keberhasilan PAUD,” katanya.

Baca juga:   Walikota Dumai Zulkifli AS Buka Festival Kreativitas dan Olimpiade Tingkat SD/MI se-Kota Dumai

Selanjutnya, ia menambahkan poin yang ketiga, peningkatan kualitas dan bahan pembelajaran bagi PAUD dan terakhir, peningkatan fasilitas sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan PAUD.

“Langkah strategis tersebut perlu terus diberikan perhatian oleh perangkat instansi lain, termasuk kepada Himapaudi Provinsi Riau. Kita harap terwujud Himpaudi yang profesional, dan mandiri untuk mewujudkan kesetaraan PAUD di Provinsi Riau dimasa akan datang,” pungkasnya. (MCR/AQB)